Skip to main content

Disclaimer

Disclaimer for monaintariani.com

If you require any more information or have any questions about our site's disclaimer, please feel free to contact us by email at monaintariani@gmail.com

Disclaimers for monaintariani.com

All the information on this website - monaintariani.com - is published in good faith and for general information purpose only. monaintariani.com does not make any warranties about the completeness, reliability and accuracy of this information. Any action you take upon the information you find on this website (monaintariani.com), is strictly at your own risk. monaintariani.com will not be liable for any losses and/or damages in connection with the use of our website. Our Disclaimer was generated with the help of the Disclaimer Generator Online and the Free Disclaimer Generator.

From our website, you can visit other websites by following hyperlinks to such external sites. While we strive to provide only quality links to useful and ethical websites, we have no control over the content and nature of these sites. These links to other websites do not imply a recommendation for all the content found on these sites. Site owners and content may change without notice and may occur before we have the opportunity to remove a link which may have gone 'bad'.

Please be also aware that when you leave our website, other sites may have different privacy policies and terms which are beyond our control. Please be sure to check the Privacy Policies of these sites as well as their "Terms of Service" before engaging in any business or uploading any information.

Consent

By using our website, you hereby consent to our disclaimer and agree to its terms.

Update

Should we update, amend or make any changes to this document, those changes will be prominently posted here.

Comments

Popular posts from this blog

Budget, Langkah Awal Untuk Menata Keuangan Saya

Beberapa tahun yang lalu, ada saat-saat dimana saya menerima gaji, menggunakannya, dan kemudian bingung kemana perginya saldo gaji tersebut. Hingga akhirnya menunggu hingga awal bulan lagi (gajian) dengan perasaan deg-degan, cukup ngga ya uang yang tersisa untuk hidup hingga akhir bulan..? 

Pernah merasakan hal yang sama? Berarti kamu sama seperti saya beberapa tahun yang lalu. Rasanya ngga nyaman. Lupakanlah menabung, untuk hidup hingga akhir bulan saja sudah beruntung. Hingga saya mengenal dengan yang dinamakan dengan budget.


Berbicara mengenai budget atau anggaran, beberapa orang mungkin merasa bahwa dengan adanya budget:
1. Ribet.
2. Budget hanya untuk orang yang sudah memiliki penghasilan yang cukup, atau malah cenderung memiliki penghasilan yang besar, yang sudah bisa menabung, dll. Untuk penghasilan yang kecil begini buat apa punya budget.
3. Budget itu membatasi. Nanti malah ngga bebas mau beli ini beli itu.

Tahukah kamu, besar atau kecilnya budget ngga membatasi seseorang untuk mem…

Dave Ramsey's Baby Steps: Saat Kamu Ingin Memiliki Tujuan Keuangan

Jadi, apakah kamu sudah punya tujuan keuangan? Bagus jika sudah. Jika belum, yuk kita buat dari awal.
Kamu ngga perlu khawatir, membuat tujuan keuangan itu ngga sesulit yang dibayangkan (oke, dulu saya juga berpikir kalau itu sulit sih). Tapi sejak browsing Internet untuk membaca artikel tentang tips-tips agar bisa menata keuangan dengan lebih baik, saya menjadi punya gambaran mengenai bagaimana tujuan keuangan saya di masa depan nanti. Habis gelap, terbitlah terang.
Pencarian saya sampai di hashtag #debtfreecommunitydan #debtfreejourneydi Instagram. Kedua hashtag tersebut diberikan oleh orang-orang yang sedang struggle dengan keuangan. Membaca postingan mereka membuat saya ngga merasa sendiri. Dan saya pun menjadi lebih bersemangat untuk menata kembali keuangan saya yang, sungguh, berantakan. 
Saya hidup di atas standar gaji pada saat itu, punya beberapa cicilan 0% kartu kredit (hello new cellphone and laptop), dan sulit untuk menabung. Merasa lelah dan mendapatkan bacaan seru tentang p…

The Basic Four Walls: Kebutuhan Utama Yang Harus Kamu Penuhi Setelah Dapat Gaji

Sudah gajian? Good. Belum gajian? Ngga apa-apa. Sudah dapat gaji atau belum, jangan lupa untuk membuat budget dan stick to it ya.
Sebelum menggunakan gaji, ada baiknya kamu membuat skala prioritas dulu  Dari yang paling penting hingga yang kurang penting. Untuk kebutuhan dasar, beberapa ahli personal finance menyarankan untuk fokus ke 4 (empat) kebutuhan dasar dulu yang lebih sering disebut dengan istilah four walls


The Four Walls
Jadi, masih ingat dengan istilah sandang, pangan, papan saat kita SD dulu? Yup, mereka termasuk kebutuhan dasar yang harus dipenuhi sebelum kamu menggunakan uangmu untuk hal lain.
Yuk kita break down satu per satu.
1. Clothes


Pastinya semua orang butuh pakaian untuk menutup tubuh mereka. Namun pakaian yang ada di kategori ini adalah pakaian dasar yang fungsinya untuk menutup tubuh ya. Karena kan malu kalau ngga berpakaian. Jadi kategori ini bukan jadi alasan kamu untuk membeli pakaian baru padahal di lemari sudah penuh sesak dengan pakaian yang kamu miliki. 
Oh i…