Skip to main content

Tips Hemat Dengan Capsule Wardrobe

Pernah mendengar istilah capsule wardrobe? Yang suka wara-wiri di Pinterest untuk sekedar lihat-lihat fashion biasanya tahu mengenai capsule wardrobe ini.

Capsule wardrobe adalah serangkaian pakaian yang bisa dipadupadankan dengan mudah karena antara satu pakaian dengan pakaian lainnya itu cocok, match. Tanpa perlu untuk bingung mana 'temannya' pakaian ini. Capsule wardrobe ini juga berfungsi untuk meminimalisasi waktu untuk bersiap-siap kita, terutama di pagi hari jika kita sedang terburu-buru.

Berikut adalah beberapa ide untuk capsule wardrobe yang saya ringkas dari artikel-artikel yang ada di Pinterest:

1. 10 Piece Capsule Wardrobe

Iya, kamu ngga salah baca. Dengan hanya 10 buah pakaian saja sudah bisa tercipta sebuah capsule wardrobe.


10 items 10 ways oleh twentyyork.com

2. Project 333

Project 333 adalah sebuah challenge yang disarankan oleh Courtney Carver di blognya Be More With Less. Dalam Project 333, kamu hanya mempersiapkan 33 item pakaian untuk digunakan selama 3 bulan. Kenapa 3 bulan? Karena Courtney tinggal di negara dengan 4 musim, sehingga rolling pakaian dibutuhkan di tempat dimana dia tinggal.

Berikut rules untuk Project 333 ini:
  • Kapan (when)? Setiap 3 bulan. Ngga akan pernah terlambat kapanpun kamu mau memulainya.
  • Apa (what)? 33 items termasuk pakaian, aksesoris, perhiasan, pakaian luaran, dan sepatu.
  • Apa yang ngga (what not)? Yang ngga termasuk dalam 33 items di atas adalah segala benda sentimental yang ngga akan kamu lepas seperti misalnya cincin pernikahan, pakaian dalam, pakaian tidur, pakaian untuk bersantai di rumah, dan pakaian untuk olahraga.
  • Bagaimana (how)? Pilih 33 items dari pakaianmu (disarankan pakaian terbaik, pakaian favorit), simpan yang lainnya di luar pandanganmu.
  • Apa lagi (what else)? Pertimbangkan bahwa 33 items ini adalah capsule wardrobe kamu untuk keseharian seperti bekerja dan hang out. Ingat bahwa ini bukan proyek untuk menderita. Jika pakaian kamu sudah ngga muat atau sudah dalam kondisi yang tidak baik untuk digunakan, diganti saja.

Contoh Project 333 oleh idreamofsimple.com


Contoh cara memilih Project 333 oleh universe.byu.edu

3. French Capsule Wardrobe

Menurut Wikipedia, ada 4 (empat) kota mode di dunia, yaitu London, Milan, New York, dan Paris. Perancis sendiri yang memiliki Paris sebagai ibu kotanya memiliki gaya yang khas dalam berbusana sehingga bisa dirangkum dalam suatu capsule wardrobe sendiri dan disebut sebagai French Capsule Wardrobe.


Classic French capsule wardrobe oleh emilylightly.com

Ada dua hal yang pasti dalam pemilihan French capsule wardrobe ini: classic dan timeless. Klasik dan ngga termakan zaman.


Daftar ide tentang French capsule wardrobe oleh ohmyclumsyheart.com

4. Minimalist Capsule Wardrobe

Capsule wardrobe yang minimalis lebih ke arah simpel, dengan pemilihan warna netral dan polos, plus menghindari corak yang terlalu mencolok.


Minimalist Wardrobe Challenge oleh thecapsuleproject.co

Harus diketahui bahwa capsule wardrobe seseorang mungkin berbeda dengan orang lainnya. Hal ini dikarenakan gaya hidup dan kesukaan berpakaian tiap orang berbeda-beda. Berikut tips jika kamu ingin memiliki capsule wardrobe yang sesuai dengan gaya hidup kamu.

1. Ketahui gaya berpakaian kamu.

Kalau dalam bahasanya capsule wardrobe, you should know your uniform. Apakah kamu menyukai celana jeans dengan kaus untuk harian? Atau kamu termasuk orang yang nyaman menggunakan gamis?

Misalnya, kamu menyukai blazer dan skinny pants, mungkin untuk memiliki beberapa potong blazer dan skinny jeans adalah kebutuhan buat kamu.


Blazer dan skinny jeans oleh justtrendygirls.com

Dengan melakukan analisa ini, kamu akan lebih mudah untuk menentukan pakaian-pakaian basic yang nantinya bisa berkembang ke arah capsule wardrobe.

2. Utamakan kualitas, bukan kuantitas.

Pakaian dengan kualitas yang baik akan lebih enak dilihat, bahannya lebih nyaman digunakan, dan bertahan lebih lama.


Vivienne Westwood's quote oleh azquotes.com

3. Ada pakaian basic.

Pakaian basic adalah pakaian dasar yang mudah untuk dipadupadankan dengan pakaian lain. Warnanya cenderung netral dan minim corak. Pakaian basic bisa juga diartikan sebagai pakaian minimal yang harus kamu miliki. Untuk capsule wardrobe, pakaian basic hampir sama dengan minimalist capsule wardrobe

10 essentials capsule wardrobe oleh theblissfulmind.com

4. Ada warna basic

Warna basic adalah warna dasar untuk capsule wardrobe kamu. Warna-warna ini adalah warna-warna netral dan mudah untuk dipasangkan dengan warna lain.

Warna dasar untuk capsule wardrobe oleh collectivegen.com

Sebenarnya, warna dasar ngga harus warna netral. Jika kamu menyukai warna lain selain warna netral sebenarnya boleh-boleh saja. Asalkan ngga salah memadupadankan warnanya dengan warna lain.

Panduan memilih warna untuk capsule wardrobe oleh collectivegen.com

Warna camel sebagai warna basic untuk capsule wardrobe plus aksesorisnya oleh goodlifeforless.blogspot.com

5. Lupakan pakaian 'just in case'.

Pakaian-pakaian 'just in case' kecil kemungkinannya akan kamu gunakan. Pakaian-pakaian seperti ini hanya akan mengambil space di lemari kamu tanpa ada kemungkinan kamu gunakan. Coba kamu jujur sama diri kamu sendiri, ada berapa pakaian 'just in case' kamu? Seberapa sering pakaian 'just in case' kamu gunakan? Sudah berapa lama pakaian 'just in case' berada di lemari kamu? 

Tentunya, hal ini masih pro dan kontra karena beberapa dari kamu pasti sayang menyingkirkan pakaian yang siapa tahu nanti dipakai. Untuk itu, kamu harus belajar untuk melakukan declutter terlebih dahulu, yaitu memilih-milih pakaian yang pasti akan kamu gunakan saat ini.

6. Sebaiknya miliki beberapa capsule wardrobe untuk tiap kesempatan yang berbeda.

Coba dianalisa apa saja kesibukan mingguan atau bulanan kamu. Apakah kamu seorang pekerja kantoran yang suka hang out dengan teman saat weekend? Ataukah kamu seorang pelajar yang suka jalan-jalan dengan teman tiap ada kesempatan? Atau kamu seorang ibu rumah tangga yang senang menggunakan daster namun bergaya catchy saat menjalani weekend dengan keluarga?

Berikut adalah contoh-contoh capsule wardrobe yang bisa menjadi inspirasi kamu.

Business casual capsule wardrobe oleh business-casualforwomen.com

Capsule wardrobe untuk stay at home Moms oleh prettychuffed.com.au

Capsule wardrobe untuk lazy days oleh catherinedenton.com

Dengan mengetahui apa saja kesibukan kamu, akan lebih mudah memutuskan jenis pakaian apa yang sebenarnya kamu butuhkan.

Capsule Wardrobe dan Keuntungan Tinggal di Indonesia

Untungnya, kita yang tinggal di Indonesia sebagai negara dengan iklim tropis, kita hanya mengalami dua musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Kalau musim hujan dan hari menjadi dingin, tinggal pakai jaket sebagai lapisan luar agar tubuh kita merasa lebih hangat. Sedangkan jika musim kemarau tiba, kita bisa menggunakan bahan pakaian yang lebih tipis untuk menghindari keringat. Berbeda dengan negara dengan empat musim (musim semi, musim panas, musim gugur, dan musim dingin) dimana pakaian yang dibutuhkan lebih bervariasi dibandingkan dengan negara dengan dua musim seperti Indonesia ini.

Bagaimana Sebuah Capsule Wardrobe Bisa Membuat Keuangan Kamu Menjadi Lebih Hemat?

Setidaknya ada tiga hal yang harus kamu pahami:
  1. Style kamu.
  2. Pakaian basic kamu.
  3. Kegiatan kamu.
Dengan mengetahui ketiga hal itu, kamu bisa memastikan pakaian apa saja yang harus kamu miliki. Selain itu, saat sedang shopping, kamu akan mengerti apakah kamu harus membeli sebuah pakaian atau tidak. Lebih dalamnya, apakah pakaian tersebut benar kamu butuhkan atau hanya kamu inginkan. Dengan mengetahui hal ini saja sudah banyak uang yang bisa kamu hemat. Bayangkan jika dalam jangka waktu satu tahun kamu melakukan hal ini, berapa banyak uang yang bisa kamu hemat?

Saya pribadi menyukai konsep capsule wardrobe ini sejak mengenal Pinterest. Dan hingga sekarang pun saya masih penggemar 10 piece capsule wardrobe. Karena postingan ini saya rasa sudah panjang, kapan-kapan saya bahas 10 piece capsule wardrobe saya ya.

Jadi, sudah menemukan capsule wardrobe yang sesuai dengan kepribadian kamu?



Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Budget, Langkah Awal Untuk Menata Keuangan Saya

Beberapa tahun yang lalu, ada saat-saat dimana saya menerima gaji, menggunakannya, dan kemudian bingung kemana perginya saldo gaji tersebut. Hingga akhirnya menunggu hingga awal bulan lagi (gajian) dengan perasaan deg-degan, cukup ngga ya uang yang tersisa untuk hidup hingga akhir bulan..? 

Pernah merasakan hal yang sama? Berarti kamu sama seperti saya beberapa tahun yang lalu. Rasanya ngga nyaman. Lupakanlah menabung, untuk hidup hingga akhir bulan saja sudah beruntung. Hingga saya mengenal dengan yang dinamakan dengan budget.


Berbicara mengenai budget atau anggaran, beberapa orang mungkin merasa bahwa dengan adanya budget:
1. Ribet.
2. Budget hanya untuk orang yang sudah memiliki penghasilan yang cukup, atau malah cenderung memiliki penghasilan yang besar, yang sudah bisa menabung, dll. Untuk penghasilan yang kecil begini buat apa punya budget.
3. Budget itu membatasi. Nanti malah ngga bebas mau beli ini beli itu.

Tahukah kamu, besar atau kecilnya budget ngga membatasi seseorang untuk mem…

The Basic Four Walls: Kebutuhan Utama Yang Harus Kamu Penuhi Setelah Dapat Gaji

Sudah gajian? Good. Belum gajian? Ngga apa-apa. Sudah dapat gaji atau belum, jangan lupa untuk membuat budget dan stick to it ya.
Sebelum menggunakan gaji, ada baiknya kamu membuat skala prioritas dulu  Dari yang paling penting hingga yang kurang penting. Untuk kebutuhan dasar, beberapa ahli personal finance menyarankan untuk fokus ke 4 (empat) kebutuhan dasar dulu yang lebih sering disebut dengan istilah four walls


The Four Walls
Jadi, masih ingat dengan istilah sandang, pangan, papan saat kita SD dulu? Yup, mereka termasuk kebutuhan dasar yang harus dipenuhi sebelum kamu menggunakan uangmu untuk hal lain.
Yuk kita break down satu per satu.
1. Clothes


Pastinya semua orang butuh pakaian untuk menutup tubuh mereka. Namun pakaian yang ada di kategori ini adalah pakaian dasar yang fungsinya untuk menutup tubuh ya. Karena kan malu kalau ngga berpakaian. Jadi kategori ini bukan jadi alasan kamu untuk membeli pakaian baru padahal di lemari sudah penuh sesak dengan pakaian yang kamu miliki. 
Oh i…